0

CLOUD STORAGE

Posted by Yustika on March 11, 2018 in Uncategorized |

A. CLOUD STORAGE

Cloud Storage merupakan teknologi yang menggunakan internet sebagai media penyimpanan data-data digital yang kita miliki dimana file yang telah tersimpan dapat dikelola dari mana saja selama penggunanya terhubung ke cloud storage tersebut melalui internet. Layanan penyimpanan menggunakan teknologi Cloud Storage memberikan kemudahan kepada penggunanya dalam hal penyimpanan data-data yang penting secara praktis. Dengan kemudahan yang diberikan tersebut, cloud storage juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Cloud Storage :

  1. Data terpusat.

Data terpusat berada di server, memungkinkan untuk mengakses mesin cloud dari mana pun selama ada sambungan internet. Misalnya, jika memiliki data di Google Drive yang sinkron antara komputer di rumah dan di smartphone, maka bisa mengakses data tersebut di waktu yang sama karena data sudah menggunakan server dari Google Drive.

  1. Fleksibel

Teknologi ini memiliki fleksibilitas dengan memudahkan dalam mengakses data di mana pun dan kapan pun jika terhubung dengan jaringan layanan/internet.

  1. Memiliki skalabilitas yang tinggi

Dapat menambah atau mengurangi spesifikasi/sumber daya dari kapasitas server yang digunakan. Misal, jika RAM penuh karena banyaknya yang mengakses aplikasi, maka tidak perlu membeli RAM baru, tetapi cukup meminta kepada cloud provider untuk menambah/upgrade beberapa GB. Selain itu dapat pula mengurangi/downgrade RAM ke spesifikasi semula.

  1. Investasi.

Dengan teknologi cloud storage, dapat menghemat biaya investasi untuk membeli sebuah server/komputer fisik. Misal, jika memiliki perusahaan dan membutuhkan sumber daya yang besar dalam menjalankan aplikasi, maka tidak perlu membeli hard drive baru dan tidak perlu memikirkan biaya-biaya lainnya seperti maintenance, listrik, lisensi, dan lain-lain.

  1. File Tidak Mudah Rusak

Bila menyimpan data pada layanan cloud storage, bisa dipastikan data yang tersimpan tidak akan rusak. Kualitas serta keadaan file tersebut, akan tetap sama seperti waktu pertama kali kita mengunggahnya. Kelebihan layanan cloud ini memang tidak dimiliki oleh media penyimpanan fisik, dimana file bisa saja terhapus atau terinveksi virus.

  1. Media Penyimpanan Tidak Mudah Rusak

Media penyimpanan tidak mudah rusak karena tidak berupa benda fisik. Penyedia pelayanan akan menjaga server dengan baik, untuk meminimalisir terjadinya kerusakan perangkat. Ketika terjadi kerusakan pada perangkat, maka mereka sudah secara otomatis menyiapkan back-up data yang disimpan di dalam server tersebut.

Seperti halnya teknologi yang lain, setiap ada kelebihan pasti juga terdapat kekurangan dalam layanan teknologi yang ada tersebut.

Kekurangan Cloud Storage :

  1. Kerahasiaan data tidak terjamin

Selalu ada risiko data user dapat diakses oleh orang lain yang tidak berkepentingan. File-file ataupun data yang telah kita simpan di dalam cloud storage bisa saja dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Karena, beberapa sistem cloud storage bahkan menyediakan fitur agar orang lain dapat mengakses data milik kita.

  1. Sangat bergantung pada koneksi internet

Internet merupakan satu-satunya jalan menuju cloud storage. Ketika tidak ada koneksi internet, atau jalur internet menuju cloud provider sedang bermasalah, secara otomatis akses ke mesin cloud storage akan terputus. Untuk dapat mengunggah maupun menyimpan file dengan cepat juga sangat dibutukan koneksi internet yang stabil.

  1. Untuk file berukuran besar, dibutuhkan kecepatan internet yang tinggi

Apabila kita akan menyimpan data yang memiliki ukuran yang besar tentu akan menjadi masalah jika internet tidak dalam kondisi stabil. Koneksi internet harus dalam kondisi stabil dan cepat unmtuk dapat mengakses file secara cepat, jika tidak maka akan sangat membutuhkan waktu yang cukup lama.

  1. Tingkat keamanan yang belum terjamin

Dengan menggunakan sistem komputasi awan berarti mempercayakan sepenuhnya atas keamanan dan kerahasiaan data-data kepada cloud provider. Saat mengalami gangguan, tidak dapat menuntut pihak server karena kesalahan data-data tersebut.

  1. Sulit diakses ketika server sedang mengalami traffic yang tinggi atau down

Ketika server mengalami down, maka data yang telah disimpan dalam cloud server pun akan menjad sulit untuk diakses. Dan biasanya, proses perbaikan atau pemulihan dari cloud server yang mengalami down membutuhkan waktu yang cukup lama, dan tidak dapat ditentukan secara pasti.

Penjelasan di atas, telah menjelaskan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh layanan cloud storage apabila kita menggunakan layanan tersebut. Akan tetapi, dengan kelemahan yang dimiliki dan tidak terlalu banyak, maka cloud storage tetap menjadi alternativ utama oleh semua orang dalam penyimpanan file berbasis internet.

Berikut beberapa contoh aplikasi layanan could storage baik yang berbayar maupun gratis :

  1. Dropbox

Layanan cloud yang memberi akses kepada kita untuk menyimpan gambar, dokumen, musik, video, dan file lainnya. Dan setiap file yang terkoneksi akan otomatis terhubung dengan komputer, ponsel, atau device lainnya yang memakai aplikasi dropbox. Sistem kerjanya seperti ini dengan dropbox kita bisa menyimpan file yang sudah kita buat sebelumnya tanpa harus membawanya lewat flashdisk. Jadi setiap file yang kita simpan di dropbox, otomatis file tersebut tersebar ke komputer/gadget kita yang memakai dropbox juga. Syarat pertama untuk memulainya anda harus memiliki akun dropbox terlebih dahulu.

  1. Google Drive

Layanan penyimpanan yang dimiliki oleh google. Google Drive ini sebenarnya sudah lama diluncurkan, merupakan perubahan dari Google Docs, jika membuka google docs maka akan diredirect ke google drive. Pengguna google drive akan mendapatkan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB, dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu. Dengan fitur unggulan yang sama seperti Dropbox, yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop atau lebih dikenal dengan Desktop Sync Clients. GDrive memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB dan tentunya fitur-fitur yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti: Gmail, G+ dan Google Search.

  1. Box

Layanan ini bisa digunakan oleh siapapun, namun lebih cocok bagi para pelaku bisnis dan IT. Selain menyediakan fitur dasar seperti penyimpanan awan lainnya, Boxjuga menyediakan fitur memberi komentar di file pengguna lain, memberikan notifikasi ketika terdapat perubahan pada file, dan fitur menarik lainnya. Box memberikan kontrol lebih terhadap privasi dari file yang disimpan. Sebagai contoh kita dapat mengatur apa saja yang bisa menggunggah, melihat, serta mengedit file dan folder yang dimiliki.  Kita juga bisa melindungi file tersebut dengan password dan mengatur masa kadaluarsa  yang diinginkan dari folder yang dibagikan.

  1. Copy 

Dibuat oleh perusahaan barracuda Networks, Copy merupakan layanan penyimpanan awan yang cocok untuk perseorangan ataupun untuk pelaku bisnis. Ketika mendaftar kita akan mendapatkan gratis kapasitas penyimpanan dalam could storage sebesar 15GB, sama seperti halnya GoogleDrive maupun OneDrive. Salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh Copy adalah kemampuannya membagikan jatah file yang di share.  Sebagai contoh jika anda memiliki file berkapasitas 20GB yang dishare bersama 3 orang teman, maka folder tersebut hanya akan memakan kapasitas 5GB pada masing-masing akun. Hal ini berbeda dengan Dropbox yang memakan kapasitas pada orang yang mengeshare folder tersebut.

 

ACCESS TIME

Access Time merupakan waktu yang dibuuthkan untuk data mengakses data yang diperlukan, dari keadaan idle atau diam hingga mendapatkan data tersebut, dari memori atau ke memori. Access Time juga istilah yang digunakan untuk mengukur kecepatan akses pada media penyimpanan maupun memori. Access time pada harddisk dan CD-ROM diukur menggunakan satuan milidetik, sedangkan pada memori menggunakan satuan nanodetik. Semakin kecil angka access time menunjukkan kecepatan yang lebih tinggi.

 

C. TRANSFER RATE

Data transfer rate (DTR) adalah jumlah data digital yang dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu tertentu. Kecepatan transfer data dapat dilihat sebagai kecepatan perjalanan dari sejumlah data tertentu dari satu tempat ke tempat lainnya. Secara umum, semakin besar bandwidth dari jalur yang diberikan, semakin tinggi pula kecepatan transfer data

 

 

 

Daftar Pustaka :

https://infokomputer.grid.id/2015/12/fitur/mengenal-cloud-computing-kelebihan-kekurangan/

http://ayukhusnulkhotimah.web.ugm.ac.id/2018/03/10/kelebihan-dan-kekurangan-menggunakan-cloud-storage/

https://yoiyoiyoiyoi.blogspot.co.id/2016/09/could-storagepengertian-kelebihan.html

https://www.bibliotika.com/2015/11/apa-yang-disebut-access-time.html

http://searchunifiedcommunications.techtarget.com/definition/data-transfer-rate

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2018-2024 yustika noza's blog All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.5, from BuyNowShop.com.