0

MICROSOFT ONEDRIVE

Posted by Yustika on March 12, 2018 in Uncategorized |

Dari postingan sebelumnya yang membahas tentang Cloud Storage, kali ini akan membahas lebih detail dari salah satu aplikasi yang merupakan produk yang termasuk Cloud storage yaitu Microsoft Onedrive. Saat ini dengan semakin berkembangnya teknologi, maka semakin berkembang pula macam dan kecanggihan dari system penyimanan secara online seperti aplikasi yang satu ini.

Microsoft onedrive atau yang dahulu dikenal dengan nama microsoft skydrive merupakan salah satu aplikasi cloud storage yang cukup populer digunakan oleh berbagai kalangan. Microsoft onedrive sendiri rilis pertama kali pada tanggal 1 Agustus 2007 setelah sebelumnya bernama SkyDrive, Windows Live SkyDrive, dan Windows Live Folders.

OneDrive adalah layanan komputasi awan atau cloud storage serupa dengan Dropbox dan Google Drive yang memungkinkan penggunanya mengunggah dan mensinkronkan berkas ke suatu penyimpanan berbasis internet dan kemudian mengaksesnya melalui peramban Web atau perangkat tertentu. Layanan ini dibuat oleh Microsoft dan merupakan bagian dari layanan daring Windows Live dan memungkinkan pengguna menyimpan berkas-berkasnya secara pribadi, membagikannya dengan orang-orang dalam kontak, atau menjadikan berkas-berkas bersifat umum. Berkas-berkas yang dibagikan untuk umum tidak memerlukan akun Microsoft untuk mengaksesnya.

Dalam penggunaannya yang berprinsip sama dengan program aplikasi lain berbasis cloud storage, Microsoft Onedrive juga memiliki kelebihan dan kelemahan dalam penggunaannya untuk mengunggah atau penyimpanan data. Berikut penjelasan tentang kelebihan dan kelemahan dari Onedrive.

Kelebihan :

  1. Teritegrasi dengan office online

Fitur utama yang bagus pada aplikasi onedrive yaitu adanya office online yang dimana ketika sedang tidak membawa laptop sendiri, dapat dengan mudah melakukan editting minor dan review dokumen dimana saja dan kapan saja.

  1. Limit storage yang cukup besar

Microsoft onedrive memberikan ruang penyimpanan gratisnya sebanyak 5 GB dan dapat di upgrade sampai I TB (1000 GB) untuk kebutuhan yang lebih banyak. Sehingga akan lebih leluasa menambah konten terutama konten-konten berukuran besar seperti file multimedia. Dibandingkan dengan aplikasi cloud storage lain seperti dropbox yang di awal hanya memberi 2Gb.

  1. Mudah dimengerti oleh kalangan non-IT

Tampilan dan fitur-fitur yang ada pada Onedrive rapi dan efektif sehingga mudah dimengerti oleh semua orang, tanpa harus seseorang yang paham tentang IT. Tampilan ditata secara elegan serta menu navigasi yang lebih sederhana dan mudah untuk di pahami oleh siapapun Selain itu, bahasa pada fitur dan beberapa penjelasan pada setiap fitur di onedrive juga memudahkan bagi para pengguna baru.

  1. Akses dari berbagai perangkat

OneDrive sudah mendukung berbagai Operating Sistem (OS) seperti Android, Mac OS, iOS, Windows, Windows Phone dan versi web tentunya. Dengan didukungnya berbagai OS tentu menggunkan OneDrive jadi lebih mudah karena otomatis terhubung dengan berbagai perangkat.

  1. Tata letak yang bisa diatur sendiri dan mudah di akses

Fitur tersebut hanya dimiliki OneDrive yang bahkan tidak di miliki oleh layanan serupa seperti Googe Drive, tata letak yang bisa di atur serta di ubah-ubah sesuai keinginan sendiri. Pengguna akan dapat memilih 3 template yang tersedia: Daftar, Ubin dan foto, yang masing-masing dari template tersebut terlihat sangatlah menarik.

  1. Fitur-fitur yang hebat

Microsoft juga menghadirkan berbagai fitur-fitur yang bagus pada layanan mereka yang satu ini misalnya: File: itu adalah menu home karena di sana terdapat semua berkas yang kamu simpan selanjutnya Terbaru, Foto, Sampah, Bersama dan keranjang sampah, fitur-fitur tersebut tentu memiliki kelebihan sendiri.

  1. Dibekali fitur editor via web

OneDrive juga sudah di bekali dengan fitur-fitur yang sangat mengesankan yakni editor via web seperti MC Word, Excel, PowerPoint dan lain-lain. Aplikasi onedrvie yang berprovider dari Microsoft, maka dilengkapi fitur yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan edit file via web kemudian dapat langsung diunggah pada penyimpanan onedrive.

 

Kelemahan :

  1. Aplikasi desktop onedrive akan crash dan tidak dapat berjalan ketika panjang path dari dokumen lebih dari 256 karakter.

Dalam mac os dan windows, akan crash apabila pemberian nama dokumen dan folder terlalu panjang atau terlalu banyak jumlah karakter yang digunakan. Hal tersebut sangat mengganggu karena membuat tidak leluasa dalam mengelola dan merancang susunan folder serta dokumen agar tidak sampai 256 karakter.

  1. Waktu sinkronisasi otomatis yang cukup lama

Sinkron folder korja pada aplikasi onedrive tergolong cukup lama untuk sinkronisasi secara otomatis. Sehingga, hal tersebut cukup membuat tidak nyaman ketika butuh berbagi dokumen ke masing-masing folder kerja secara cepat.

  1. Manajemen dokumen onedrive di mac os yang masih terbatas

Perbedaan fitur dari Mac Os dan Windows terjadi, dengan fitur yang begitu minim untuk onedrive pada desktop di mac os. Sehingga membuat beberapa pengguna Mac Os dengan aplikasi One Drive merasa kurang nyaman dengan keterbatasan fitur tersebut.

 

Dengan semua kelebihan dan kekurangan tersebut, Microsoft onedrive memiliki banyak fitur dengan kegunaannya masing-masing. Fitur-fitur yang terdapat pada onedrive dengan tampilan yang elegan dan mudah dimengerti oleh semua pengguna aplikasi tersebut antara lain yaitu.

 

Fitur-fitur yang terdapat pada Microsoft Onedrive antara lain :

  1. Office 365

Buat dokumen yang sempurna, buka wawasan, hadirkan presentasi yang jelas, dan berkolaborasi secara real time menggunakan Office 365.

  1. Screen Reader Content

Artikel ini ditujukan untuk orang-orang yang menggunakan program pembaca layar dengan produk Office dan merupakan bagian dari konten Aksesibilitas Kantor . Untuk bantuan lebih umum, lihat Office Support home.

  1. File Sesuai Permintaan

Akses semua file OneDrive dalam Windows 10 tanpa mengambil ruang pada PC Anda.

  1. Pemindaian dokumen

Gunakan ponsel untuk memindai dan menyimpan dokumen kertas, tanda terima, kartu bisnis, atau catatan papan tulis di OneDrive Anda.

  1. Tautan dengan batas waktu

Dengan Office 365, Anda dapat meningkatkan keamanan OneDrive dengan menetapkan tanggal kedaluwarsa tautan pada file dan foto yang dibagikan.

  1. Akses offline

Tetap produktif meskipun tidak ada koneksi. Anda dapat mengakses file tanpa perlu online, yang berarti Anda dapat selalu mengakses file penting.

 

Demikian penejelasan mengenai Microsoft Onedrive, semoga dapat menambah pengetahuan dan berguna bagi pembaca.

Terima kasih 🙂

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA :

https://id.wikipedia.org/wiki/OneDrive

https://onedrive.live.com/about/id-id/

https://support.office.com/id-id/article/fitur-aksesibilitas-di-onedrive-0d86f0f0-28ca-42c1-ab4b-c100110574be

http://vanitutorial.blogspot.co.id/2017/09/Pengertian-onedrive-dan-kelebihannya.html

http://blog.bayultimate.web.id/?p=385

http://vanitutorial.blogspot.co.id/2017/09/Pengertian-onedrive-dan-kelebihannya.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2018-2024 yustika noza's blog All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.5, from BuyNowShop.com.