0

DATABASE MANAGEMENT

Posted by Yustika on April 23, 2018 in Uncategorized |

Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) merupakan sebuah program aplikasi basis data komputer relasional. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Micrososft Acces dapat digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks maupun sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.

Pengolahan tentang database atau basis data dapat menggunakan software pengolah data Microsoft Office Acces pula. System informasi merupakan suatu system yang memuat segala informasi yang dibutuhkan manusia. System tersebut memilki bagian-bagian penting agar system tersebut dapat berjalan dengan baik. Salah satu bagian tersebut ialah basis data (database).

Basis data atau biasa disebut database merupakan serangkaian data terstruktur yang dibutuhkan oleh suatu system informasi, atau merupakan kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.  Data dalam basis data memiliki bentuk yang sangat variatif dari segi tipe, ukuran, cara penyajian, dan lain-lain. Data yang ada pada basis data merupakan atribut dari sebuah objek yang dapat berkaitan satu sama lain atau memiliki relasi atau hubungan. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil query basis data disebut Database Management System (DBMS).

Istilah-istilah dalam basis data antara lain :

  1. Entitas

Sesuatu/objek dalam database yang memiliki keberadaan unik dan berbeda. Entitas memiliki sekumpulan sifat yang bernilai unik serta dapat mengidentifikasikan entitas tersebut.

Entitas dapat berupa orang, benda, tempat, kejadian, konsep

Contoh:

  • Orang: Mahasiswa, Dosen, Pemasok, Penjual
  • Benda: Mobil, Mesin, Ruangan
  • Tempat: Negara, Desa, Kampung
  • Kejadian: Penjualan, Registrasi
  • Konsep: Rekening, Kursus

Sebuah entitas memiliki sejumlah atribut

  • Contoh: mahasiswa memiliki nama dan alamat

Himpunan entitas adalah sekumpulan entitas yang berbagi atribut yang sama

  • Contoh: sekumpulan mahasiswa, dosen, atau perusahan.
  1. Atribut

Sifat/deskripsi dari entitas berupa elemen, data field, atau data item yang di gunakan untuk menerangkan suatu entribut dari entitas dan mempunyai harga tertentu, misalnya atribut dari entitas pegawai diterangkan oleh , nama, umur, alamat, dan pekerjaan.

  1. Field

Atribut yang dimiliki oleh table dari suatu basis data, merupakan unit terkecil dalam basis data yang berisi karakter (byte). Field mempunyai tipe-tipe yang berbeda, tergantung daripada kegunaan field itu sendiri.

  1. Record

Sekumpulan field yang memiliki tujuan sama. Field bisa saja berbeda isi, tetapi dalam tujuannya berdasarkan suatu kerja yang sama dalam mencapainya.

Contoh, pada relasi PEGAWAI, setiap tupel mempunyai 5 nilai, masing-masing untuk setiap atribut NIP#, Nama, Alamat, Gaji dan KodeDiv.

  1. Data

Sekumpulan data/catatan dalam record.

  1. Dantum

Kumpulan parameter/titik kontrol dalam basis data.

  1. Relasi atau Relation

merupakan sebuah tabel dengan kolom-kolom dan baris-baris. Pada model relasional, relasi digunakan untuk menyimpan informasi mengenai objek-objek yang direpresentasikan dalam sebuah basis data. Relasi ini digambarkan dalam bentuk tabel dua dimensi. Contohnya mengenai informasi pegawai-pegawai yang bekerja di perusahaan X direpresentasikan pada relasi PEGAWAI yang mengandung informasi nomor induk pegawai, nama, alamat, gaji dan kode divisi tempat pegawai bekerja.

 

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Access

http://kaazima.blogspot.co.id/2014/03/mengenal-entitas-atribut-field-database.html

http://672012228.blogspot.co.id/2013/02/pertemuan-3entitasrecordatribut-relasi.html

http://amustofa.web.ugm.ac.id/read/database-sistem-informasi-perpustakaan/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2018-2024 yustika noza's blog All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.5, from BuyNowShop.com.