0

TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KEHIDUPAN

Posted by Yustika on February 11, 2018 in Uncategorized |

Kata teknologi informasi saat ini sudah sangat familier di kalangan semua orang. Terutama di zaman era modern yang semua hal menggunakan teknologi yang canggih. Semua teknologi yang ada merupakan pengembangan dari teknologi informasi. Maka, apa itu teknologi informasi?

Jadi, Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video.

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri, Teknologi Informasi adalah penggunaan teknologi seperti komputer, elektronik, dan telekomunikasi, untuk mengolah dan mendistribusikan informasi dalam bentuk digital. Sedangkan pada pengertian lain teknologi informasi yaitu, teknologi informasi adalah fasilitas yang terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) dalam mendukung dan meningkatkan kualitas informasi untuk setiap lapisan masyarakat secara cepat dan berkualitas.

Dengan pengertian-pengertian tersebut, jelas bahwa teknologi informasi yang merupakan teknologi pendukung peningkatan kualitas informasi berkedudukan sangat penting di dalam kehidupan manusia saat ini dimana dibutuhkan banyak teknologi canggih juga sistem komunikasi yang baik dan cepat.

Adanya kemajuan dalam teknologi informasi diiringi dengan proses globalisasi, maka perkembangan sistem teknologi informasi menjadi sangat pesat. Ledakan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah membuka babak baru bagi masyarakat untuk memperoleh informasi secara otonom.

Perkembangan dunia teknologi informasi yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Bagi masyarakat sekarang, teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu religion. Pengembangannya dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada.

Seperti yang kita ketahui bahwa di era serba modern seperti saat ini, peran teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari tentunya sangat berpengaruh. Pengaruh yang muncul dari perkembangan teknologi informasi membawa banyak kebaikan, namun disetiap semua kebaikan dan manfaat positif yang ada, pasti selalu diiringi dengan beberapa dampak negatif yang harus selalu kita hadapi.

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya teknologi sangat penting. Manfaat teknologi informasi yaitu untuk menunjang kehidupan manusia yang lebih baik karena dengan adanya teknologi infomasi bisa membatu kegiatan menjadi lebih efektif dan efisien. Berikut ini adalah beberapa manfaat teknologi informasi diberbagai bidang kehidupan, diantaranya:

  1. Bidang Pendidikan

Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran terutama teknologi  komputer memudahkan para pendidik untuk menjelaskan materi pembelajaran yang bersifat abstrak dan jauh dari penalaran peserta didik menjadi mudah dijangkau atau dipahami. Pembelajaran menggunakan TIK sering disebut dengan e-learning yang merupakan proses pembelajaran melalui penggunaan teknologi atau internet pada khususnya atau pembelajaran berbasis komputer (Nurchaili, 2010).

Pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran dilakukan dalam berbagai bentuk antara lain penyediaan bahan ajar secara online (bahan ajar tersimpan dalam bentuk buku atau artikel di internet), program computer assisted learning, bahan alat peraga atau simulasi, pembelajaran Moodle dan Facebook (Darmawan dan Siti, 2014), dan pembelajaran jarak jauh (sekolah terbuka).

Selain itu, dalam bidang pendidikan, pengembangan teknologi informasi juga berkembang dengan adanya penerapan baru berbasis komputer (computer based test-CBT) yang efisien dibandingkan dengan model paper based test (PBT). Kemudian di dunia pendidikan perkembangan TI juga banyak digunakan dengan adanya situs atau laman untuk fasilitas pendidikan berupa perpustakaan online, laman sekolah atau perguruan tinggi yang berisi informasi pendidikan bahkan nilai hasil ujian juga diakses melalui internet. Hal tersebut menunjukkan betapa banyaknya fungsi dari kemajuan teknologi informasi di bidang pendidikan.

 

  1. Bidang Kedokteran

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi juga memegang peran yang penting di bidang medis.kalangan medis di seluruh dunia informatika kedokteran sangat erat dengan teknologi informasi modern.

  1. Sistem Informasi Rumah Sakit

Sistem Informasi rumah sakit adalah sebuah Sistem Informasi yang terintegrasi yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen rumah sakit. Adapun beberapa contoh mengenai Sistem Informasi ,yaitu :

  • Pelayanan diagnosa dan tindakan untuk pasien
  • Rekam Medis
  • SmartCard

digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit

      2. Pemanfaatan Teknologi Komputer pada Peralatan Medis

Teknologi medis yang canggih merupakan alat untuk para dokter,dan alat bantu untuk para dokter,dan alat bantu akan mengurangi beban perawat. Kemajuan dalam layanan medis,termasuk alat medis dengan sistem komputerisasi yang canggih. Adapun beberapa peralatan medis yang menggunakan sitem komputer,yaitu:

  1. CT Scan
  2. Sinar X
  3. USG
  4. Fakoemulsifikasi adalah operasi katarak tanpa jahitan
  5. Sistem CAT (Computerized Axial Tomography)

Informasi dan Konsultasi Kesehatan Online

Informasi dan Kosultasi Kesehatan Online yaitu merupakan layanan penyediaan Informasi dan Konsultasi tentang masalah kesehatan secara online.

 

  1. Bidang Ekonomi

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini, bisa dikatakan teknologi informasi telah memasuki ke segala bidang, salah satunya dibidang bisnis. Bisnis tanpa adanya memanfaatkan teknologi informasi tidak akan bisa maju dan terancam bangkrut.

 

Berikut beberapa manfaat penting teknologi informasi dalam bidang bisnis:

1). Munculnya peluang bisnis baru (E-business)

2). Mengurangi biaya produksi dan operasional

3). Mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan

4). Akses informasi dan penyebaran informasi

5). Memperkecil biaya bisnis dan operasional

6). Menjadi sarana iklan

7). Menciptakan peluang usaha internasional.

 

  1. Bidang Pertahanan

Dalam bidang pertahanan dan keamanan, TI berperan dalam menyediakan sarana dan prasarana untuk melakukan komunikasi dan bertukar informasi yang dapat mencakup seluruh pulau-pulau yang ada di Indonesia.

Saat ini telah lahir suatu rezim hokum baru yang dikenal dengan hukum cyber. Istilah hokum cyber diartikan sebagai keadaan data dari Cyber Law yang saat ini secara Internasional digunakan untuk istilah hukukm yang terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi. Istilah lain yang sudah digunakan adalah hokum teknologi informasi (Law Of Information Technology), hokum dunia maya (Vitual World Law), dan hokum mayantara. Istilah-istilah tersebut lahir mengingat keadaan internet dan pemanfaatan teknologi informasi berbasis vitual.

 

  1. Bidang Militer

Di bidang militer, tentu saja teknologi informasi dan internet memiliki banyak peranan penting, yaitu di antaranya :

a. Mengendalikan senjata dan peluru kendali

Teknologi Informasi dan Internet dapat digunakan untuk mengidentifikasi target dan mengarahkan peluru mereka. Tentara dan senjatanya dapat dilengkapi oleh penerima Global Positioning System (GPS) yang mengidentifikasi lokasi teman atau lawan. Bahkan computer pun dapat membantu menciptakan penangkal senjata yang notabene canggih seperti penangkal rudal.

b. Operasi persandian dan juga pengiriman

Pengembangan tersebut meliputi aspek pemanfaatan persandian di lingkungan instansi pemerintah, pengembangan organisasi, dan pengembangan teknologi persandian yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

c. Simulasi perang

Simulasi adalah program (software) Teknologi Informasi dan Internet yang berfungsi untuk menirukan perilaku sistem nyata (realitas) tertentu.

d. Navigasi alat perang

Teknologi Informasi dan Internet pun digunakan untuk navigasi alat perang, contohnya radar dan sonar. Alat ini hampir sama dengan sonar, tetapi menggunakan gelombang radio sebagai pengganti gelombang suara.

 

      6. Bidang Perbankan

Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.

Fasilitas penunjang bagi bidang perbankan dalam pemanfaatan TI yaitu :

  1. ATM
  2. Phone Banking
  3. Internet Banking
  4. SMS/m-Banking

 

Dari penjelasan manfaat teknologi informasi dalam berbagai bidang tersebut, telah mengandung beberapa alat ata produk produk dari teknologi informasi. Produk-produk hasil tenologi informasi tersebut antara lain komputer, televisi, radio, handphone, telepon, laptop, wireless, kalkulator, mesin atm, mesin mesin lain dalam bidang kedokteran maupun dalam bidang industri yang berperan membantu dan mempercepat proses produksi.

Demikian penjelasan tentang pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam kehidupan sehari-hari manusia. Harapannya, dengan semakin berkembangnya system teknologi informasi akibat dari adanya era globalisasi di Indonesia, dapat digunakan sebaik-baiknya sehingga dapat memperbaiki kualitas hidup manusia di  masa depan. Dan dapat selalu siap dengan semua dampak buruk dari perkembangan teknologi informasi sehingga tidak terjerumus kedalam hal-hal yang negatif.

 

Semoga Bermanfaat 🙂

 

Daftar pustaka :

https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi

https://www.kompasiana.com/arnaldinasrum/pengaruh-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-era-globalisasi_550045e7a33311bb7451058d

https://www.sekolahpendidikan.com/2017/10/pengertian-teknologi-informasi-tujuan.html

https://www.padamu.net/penggunaan-teknologi-dalam-pembelajaran

http://blog.umy.ac.id/beautyfarmer/2017/10/11/peranan-teknologi-informasi-dalam-bidang-kedokteran/

https://www.kompasiana.com/emijulaikah/manfaat-teknologi-informasi-di-bidang-bisnis_57492108337b61ad0f7fa86a

http://www.academia.edu/28958826/PERANAN_ICT_TERHADAP_BIDANG_PERTAHANAN_DAN_KEAMANAN

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2018-2024 yustika noza's blog All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.5, from BuyNowShop.com.