0

INTERNET AND NETWORK

Posted by Yustika on February 18, 2018 in Uncategorized |

source : google

Di era modern saat ini, kata internet dan network telah familier di semua kalangan. Dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Dalam penggunaannya pun, hampir semua orang di berbagai belahan dunia telah aktif menggunakan system internet. Karena pada kenyataannya, di era sekarang semua hal melibatkan jaringan internet, bahkan internet sudah bagaikan kebutuhan pokok dalam kehidupan sesorang.

Namun, tak jarang orang-orang yang belum paham benar apa itu internet dan network, juga berbagai hal lain yang menyangkut internet dan network. Maka, dalam tulisan ini akan dibahas beberapa penjelasan mengenai internet dan network.

 

1.SEJARAH INTERNET

source : googleInternet merupakan kependekan dari interconnection-networking adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

source : googleInternet adalah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

 

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, keandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang ditentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

 

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Karena pada saat itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi serangan nuklir dan menghindari terjadinya informasi terpusat, yang mudah dihancurkan ketika terjadi perang.

 

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, yang dibentuk menjadi satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

 

Oleh sebab itu, ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

 

Pada awalnya, informasi yang bisa didapatkan melalui internet hanyalah informasi berbasis teks. Pada tahun 1990, mulai dapat diakses layanan berbasis tampilan grafis dengan WWW (World Wide Web) mulai dikembangkan oleh CERN. Kemudian, pada tahun 1993 InterNIC didirikan untuk melayani pendaftaran nama domain. Sekitar tahun 1994, internet mulai digunakan di Indonesia.

 

2. MACAM-MACAM KONEKSI INTERNET BROADBAND

source : googleInternet broadband merupakan koneksi internet dengan teknologi broadband, yang memiliki frekuensi jangkauan lebih luas yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. Selain itu, koneksi yang dimiliki broadband juga jauh lebih cepat dibandingkan dengan teknologi sebelumnya yaitu internet dial-up.

 

Internet boardband sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

  1. ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)

ADSL adalah koneksi broadband yang paling banyak digunakan untuk keperluan rumahan dan komersial. ADSL adalah alat digital yang memungkinkan konektivitas internet berkecepatan tinggi dan dapat digunakan untuk mengakses internet tanpa mengganggu saluran telepon. ADSL bekerja pada kecepatan 512 kbps atau lebih tinggi. Dalam jaringan ADSL normal, kecepatan download lebih besar daripada kecepatan upload. Hal ini disebut sebagai asimetris karena perbedaan pada kecepatan download dan upload.

 

  1. SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line)

SDSL mirip dengan ADSL, hanya berbeda dalam satu aspek, yaitu kecepatan upload. koneksi internet  broadband  SDSL  ditandai dengan kecepatan upload  dan  download identik. Hal ini bermanfaat untuk tujuan komersial dan bisnis jika memerlukan kecepatan upload yang tinggi, dan koneksi SDSL memenuhi persyaratan untuk itu. Biaya SDSL lebih mahal dibanding ADSL, tetapi hal ini bukanlah menjadi beban jika mempertimbangkan keuntungan dari sisi bisnis.

 

3. TUJUAN ALAMAT IP & HUBUNGANNYA DENGAN NAMA DOMAIN

source : google

Internet Protocol (IP) address adalah alamat numerik yang ditetapkan untuk sebuah komputer yang berpartisipasi dalam jaringan komputer yang memanfaatkan Internet Protocol untuk komunikasi antara node-nya.

 

Ip address terdiri dari deretan angka biner antara 32 bit sampai dengan 128 bit yang digunakan sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

 

Internet Protocol juga memiliki tugas routing paket data antara jaringan, alamat IP dan menentukan lokasi dari node sumber dan node tujuan dalam topologi dari sistem routing. Untuk tujuan ini, beberapa bit pada alamat IP yang digunakan untuk menunjuk sebuah subnetwork.

 

Fungsi dari IP address sendiri sebagai alat identifikasi host atau antarmuka pada jaringan, dan digunakan sebagai alamat lokasi jaringan. Dalam fungsinya sebagai host name, IP address berperan seperti nama orang, untuk mengenali komputer atau device pada jaringan. Sedangkan dalam fungsinya sebagai alamat, berperan seperti alamat rumah untuk memudahkan dalam pengiriman data dari komputer ke komputer lain yang dituju.

 

IP address dalam menerima host name dari computer dibantu dengan DNS yang biasa digunakan dalam aplikasi yang terhubung ke internet. Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

source : google

Dalam hubungannya antara alamat IP atau IP address dengan nama domain, IP address digunakan sebagai alamat numerik suatu domain dalam internet. Domain dan sub-domain ini memiliki ip address yang unik untuk masing-masing tujuan dalam website. Dalam pemetaan domain, alamat-alamat ini tidak diperbolehkan bernilai sama.

 

4. FITUR BROWSER & IDENTIFIKASI KOMPONEN DARI ALAMAT WEB

source : google

Browser merupakan perangkat lunak, program, atau aplikasi yang di rancang untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di halaman web berupa teks, gambar, video, suara dll.

 

Terdapat banyak jenis aplikasi atau browser yang dapat digunakan untuk menjelajah dan menampilkan halaman web. Antara lain yang banyak dan terkenal digunakan sampai saat ini yaitu Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, dll.

 

Dalam browser browser tersebut, masing-masing mempunyai fitur atau komponen yang berbeda-beda. Dalam setiap web browser terdapat beberapa fiturnya tersendiri. Dari fitur yang wajib dimiliki setiap browser hingga fitur-fitur yang bersifat eksklusif bagi browser tertentu. Fitur-fitur ini membantu berjalannya web content dari server hingga client untuk ditampilkan dan digunakan oleh user dengan baik.

 

Secara umum fitur yang terdapat pada browser sama, hanya berbeda dalam penamaan atau ikon yang digunakan. Fitur pada browser secara umum antara lain :

1)Title Bar

Merupakan judul dari halaman web yang sedang dibuka. Tittle bar ini berada pada garis paling atas dari jendela browser berupa tab. Kita dapat menambah tab-tab untuk menampilkan halaman web dalam satu halaman browser.

2) Menu Bar

Berisi menu-menu utama browser. Misalnya, menu File, Edit, View, dan menu lainnya. Didalam menu-menu tersebut terdapat beberapa submenu yang lain. Beberapa versi browser sekarang tidak menampilkan/menampakkan menu-menu tersebut. Untuk menampilkannya kita dapat menekan tombol F10 pada keyboard.

3) Toolbar

Merupakan tombol-tombol standar yang sering digunakan pada saat browsing dansebagai jalan pintas (shortcut) untuk menu-menu yang ada dalam bentuk button.

Bagian-bagian pada Toolbar.

  • Back : untuk kembali ke halaman web sebelumnya
  • Forward : untuk maju ke halaman web berikutnya
  • Stop : untuk menghentikan proses download situs web
  • Refresh : untuk menampilkan kembali halaman web
  • Home : untuk kembali ke halaman pertama
  • Search   : untuk mencari web atau data tertentu pada internet
  • Favorites : untuk menyimpan halaman web yang sering dikunjungi
  • History : untuk menampilkan kembali daftar web yang pernah dikunjungi
  • Mail : untuk mengirim atau mebaca e-mail
  • Print : untuk mencetak halaman web yang di inginkan
  • Address Bar :Berfungsi untuk menuliskan alamat situs halaman web yang ingin ditampilkan.

4) Workspace

Merupakan ruang untuk menampilkan informasi dari halaman yang sedang kita kunjungi.

 

Dalam sebuah laman web tentu ada komponen yang ditampilkan di dalamnya. Komponen-komponen tersebut disusun sedemikian sehingga memiliki daya tarik dalam tampilannya.

  1. Title

Judul dari laman web yang ditampilkan pada browser tab.

  1. Domain name

Nama alias dari address number yang digunakan untuk mempermudha akses

  1. URL

Sebuah alamat lengkap dari laman suatu domain tertentu

  1. Header

Berisikan nama, deskripsi dan atau logo dalam laman

  1. Content

Isi utama laman

 

5. CARA PENCARIAN YANG EFEKTIF DI WEB

source : google

Pencarian pada web sebagai contoh pencarian di google, semua orang menggunakan fitur web tersebut. Dalam pencariannya, tak jarang orang hanya mengetikkan kata kunci untuk apa yang sedang dicarinya kemudian muncul berbagai macam hasil dari kata kunci tersebut.

 

Kata kunci yang digunakan dalam penjelajahan web memang sangat membantu dan mudah untuk diakses. Akan tetapi, banyak pula terjadi ketidaksesuaian kata kunci yang dimasukkan dalam pencarian dengan hasil penulusuran web tersebut.

 

Sebenarnya, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memasukkan kata kunci dalam pencarian agar mendapat hasil yang akurat. Selain itu, dalam web sendiri telah menyediakan fitur-fitur yang menunjang keefektifan dan keakuratan dalam menmapilkan hasil pencarian. Maka, dalam mesin pencarian di web terdapat fungsi tanda baca, simbol, dan operator untuk mempermudah pencarian secara akurat dan fleksibel. Hal tersebut sangat efektif digunakan dalam pencarian di web untuk mencari informasi dengan cepat dan tepat.

 

Cara pencarian yang efektif dan efisien di web hal yang perlu diperhatikan antara lain :

  1. Gunakan kata kunci yang spesifik

Ketika melakukan pencarian, hindari menggunakan kata-kata yang terlalu umum. Gunakanlah kata kunci yang lebih spesifik. Spesifik yang menunjukkan hal apa yang sedang dicari di web.

  1. Gunakan kata kunci yang lebih bervariasi

Apabila belum menemukan informasi yang ingin dapatkan meski telah menggunakan kata kunci yang lebih spesifik, dapat mencoba dengan kata kunci yang lebih bervariasi. Bervariasi maksudnya yaitu menggunakan kata lain berupa sinonim atau dengan bahasa yang berbeda.

  1. Gunakan kalimat Tanya

Selain mencari informasi dengan menggunakan kata kunci, mencari tahu dengan menggunakan kalimat tanya juga dapat dipakai apabila memang konten yang dicari berupa pertanyaan.

  1. Gunakan “tanda kutip”

Penggunaan tanda kutip dapat digunakan untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik, dan google atau web tersebut akan menghapus pencarian yang tidak berkaitan dengan topic yang dicari.

  1. Gunakan tanda plus (+) dan Min (-)

Tanda (+) : untuk menambahkan kata yang ingin dicari pada pencarian informasi.

Tanda (-) : untuk mengurangi hasil pencarian.

Karena, web akan mengindeks semua halaman yang dianggap penting yang termasuk dalam kata kunci yang digunakan. Tidak peduli apakah itu sebenarnya hanya iklan, berita, bookmarking dan sebagainya. Informasi di internet itu bukan hanya website (file html)

  1. Menambahkan tipe file yang diinginkan

Informasi di internet bukan hanya website (.html) saja. Ada beragam file semacam pdf, doc(ms word) bahkan flv (file video seperti di youtube). Untuk mendapatkan hasil pencarian degan tipe file sesuai yang diinginkan tinggal menambahkan kode filetype “type”.

 

6. MANFAAT & RESIKO MENGGUNAKAN JEJARING SOSIAL

source : google

Jejaring sosial atau juga biasa disebut media sosial telah akrab di kalangan semua orang. Setiap waktu, setiap saat, orang-orang selalu aktif dengan jejaring sosial yang mereka miliki. Digunakan untuk mencari sebuah informasi, hingga sebagai hiburan di sela-sela kegiatan yang sedang dijalani.

 

Jejaring sosial pun saat ini semakin banyak macam hingga namanya dengan fitur atau kegunaan yang berbeda-beda. Dilihat dari tingkat konsumsi penggunaan internet seseorang, dapat juga dilihat betapa aktifnya orang tersebut menggunakan internet maupun sosial media dalam kesehariannya.

 

Pada media sosial, dengan fiturnya masing-masing, selalu memuat informasi-informasi yang berguna bagi banyak orang. Dengan kecanggihannya saat ini pun, sosial media merupakan tempat untuk berbisnis yang baik karena pengguna dan peminat sosial media sangatlah banyak. Karena hampir semua orang memiliki sosial media. Bahkan satu orang pun memiliki banyak sosial media yang berbeda dengan kegunaannya sendiri-sendiri.

 

Adanya jejaring sosial atau sosail media tersebut memudahkan manusia dalam hal komunikasi dan membagikan suatu informasi ataupun hal-hal yang lain. Dilihat secara umum, keberadaan jejaring sosial saat ini memang terlihat banyak menguntungkan bagi siapapun. Akan tetapi, semua hal yang memiliki kelebihan selalu didamingi dengan kelemahan. Begitu juga dengan jejaring sosial yang telah berperan banyak bagi kehidupan manusia.

 

Kelebihan menggunakan jejaring sosial :

  1. Sebagai sarana komunikasi yang cepat dan luas
  2. Memperbanyak relasi
  3. Bisnis dan E-Commerce
  4. Media hiburan

Kelemahan penggunaan jejaring sosial :

  1. Penyalahgunaan untuk tindakan kriminal dan asusila
  2. Konten illegal
  3. Cyber Bullying
  4. Pelanggaran hak cipta
  5. Kecanduan menggunakan jejaring sosial

Dengan banyaknya kelemahan dari penggunaan jejaring sosial yang dapat merugikan, maka sebaiknya dalam penggunaan jejaring sosial harus berhati-hati dan dapat memilah mana yang baik dan buruk untuk menerima informasi yang didapat dari jejaring sosial tersebut.

 

7.  KEUNTUNGAN & KELEMAHAN NETWORK KABEL DAN NIRKABEL

source : google

Suatu jaringan atau network yang merupakan penunjang sinyal yang dapat digunakan sebagai sarana mengakses internet berupa kabel atau disebut juga network kabel. Seiring dengan berjalannya waktu dan kecanggihan teknologi di era modern, maka berkembanglah system network nirkabel atau wireless yang dapat digunakan dimana saja, yang banyak digunakan pada laptop atau ponsel.

 

Jaringan kabel atau network kabel adalah jaringan yang menggunakan kabel sebagai media penghubungnya. Kabel yang digunakan bisa berupa kawat tembaga, twisted pair atau fiber optic. Jaringan kabel digunakan untuk membawa berbagai bentuk sinyal listrik dari satu ujung ke ujung yang lain.

 

Keuntungan jaringan kabel, antara lain :

  1. Koneksi tidak rentan terhadap gangguan sinyal yang dapat memperlambat koneksi karena tidak terganggu oleh cuaca dan jaringan lain.
  2. Koneksi jaringan kabel seringkali lebih cepat daripada nirkabel, yang memungkinkan kecepatan transfer data lebih cepat.
  3. Tingkat keamanan relatif tinggi dibandingkan jaringan nirkabel(karena terhubung langsung serta terpantau hubungannya).
  4. Harganya relatif murah.
  5. Bandwith lebih tinggi.

 

Dengan kecepatan yang lebih cepat, koneksi yang andal dan tingkat keamanan yang ekstrim, jaringan kabel juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain :

  1. Jaringan kabel tidak nyaman digunakan untuk perangkat mobile seperti smartphone, laptop, dan lain sebagainya.
  2. Jaringan Ethernet memiliki keterbatasan fisik untuk menjangkau semua area rumah atau kantor.
  3. Satu kabel Ethernet dapat memberikan keluaran koneksi hanya pada satu PC atau perangkat tidak seperti jaringan nirkabel yang memungkinkan untuk menghubungkan beberapa perangkat ke satu router.
  4. Kabel mudah rusak, sehingga harus berhati-hati saat mengaturnya.
  5. Untuk memperluas jaringan, membutuhkan harga yang relatif mahal dan memerlukan banyak waktu untuk membangun jaringan. Karena memerlukan lebih banyak router atau switch.

 

Sedangkan jaringan nirkabel atau network nirkabel atau lebih sering disebut wireless adalah jaringan yang tidak terhubung dengan kabel apapun dan menggunakan gelombang radio atau gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

 

Keuntungan jaringan nirkabel, antara lain:

  1. Pengguna dapat bergerak bebas dalam menggunakan laptop maupun perangkat genggam karena jangkauan area lebih luas.
  2. Pengguna dapat berbagi file dan sumber daya lainnya dengan perangkat lain yang terhubung ke jaringan tanpa harus dilepas ke port.
  3. Mempermudah menambahkan perangkat ekstra ke jaringan, karena tidak memerlukan pemasangan kabel baru.
  4. Lebih nyaman digunakan.
  5. Jaringan nirkabel seringkali dapat menangani pengguna dalam jumlah yang lebih banyak karena tidak dibatasi oleh sejumlah port koneksi tertentu.
  6. Pengalihan informasi secara instan ke media sosial menjadi lebih mudah dan dapat dilakukan lebih cepat.

 

Kekurangan jaringan nirkabel, antara lain :

  1. Kecepatan transfer file-sharing biasanya lebih lambat dibandingkan dengan jaringan kabel.
  2. Kecepatan umum koneksi nirkabel biasanya jauh lebih lambat daripada jaringan kabel.
  3. Koneksi nirkabel dapat terhalang oleh barang-barang rumah tangga sehari-hari dan struktur seperti dinding, langit-langit, dan perabotan.
  4. Instalasi dan pengembangan yang biayanya cukup mahal.
  5. Peralatan atau perangkat keras jaringan yang masih tinggi harganya
  6. Kekuatan sinyal sangat tergantung dengan kondisi cuaca.
  7. Jaringan nirkabel umumnya kurang aman. Bandwidth dapat dicuri jika jaringan belum ditetapkan untuk dilindungi dengan kata sandi.
  8. Informasi kurang aman dan lebih mudah di hack.

 

Demikian penjelasan tentang berbagai macam hal yang berkaitan dengan internet dan network. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan baru. 🙂

 

Daftar Pustaka :

https://bnet.id/sejarah-internet/

https://informazone.com/sejarah-internet/

https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet

https://articara.net/7106/internet-broadband/

http://yusufilham.web.ugm.ac.id/2015/09/12/internet-broadband-pengertian-dan-jenis-jenis-koneksi-internet-broadband/

http://safirmas.web.ugm.ac.id/2016/09/11/ip-address-dan-domain/

http://www.patartambunan.com/pengertian-ip-address/

https://zaenalkhayat.wordpress.com/2013/01/15/browsing-browser-jenis-jenis-dan-komponen-browser/

http://safirmas.web.ugm.ac.id/2016/09/11/fitur-browser-dan-komponen-alamat-web/

https://semestakublog.wordpress.com/2016/09/27/cara-pencarian-yang-efektif-di-web-dan-resiko-media-sosial/

http://www.transiskom.com/2015/07/tips-trik-pencarian-di-google-yang.html

https://www.dictio.id/t/apakah-kelebihan-dan-kelemahan-dari-jaringan-kabel-wired-dan-jaringan-nirkabel-wireless/13641/2

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2018-2024 yustika noza's blog All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.5, from BuyNowShop.com.